Mengenal Tang untuk Merangkai Manik-manik

tang-set-isi-5

Kalau ditanya alat apa yang paling penting dalam bisnis permanikan? rasanya tak ada jawaban yang lebih tepat selain Tang. Tapi jangan salah lho pren… tang untuk manik-manik ini jenisnya sungguh sangat beragam. Berikut ini 5 jenis tang yang saya sarankan untuk dimiliki oleh teman-teman yang baru mempelajari cara membuat aksesoris dari kawat. Memiliki kelima jenis tang dasar ini akan memungkinkan kita untuk membuat aksesoris yang lebih rapi dan tahapan yang efisien saat membuatnya. Tang ini tidak hanya bisa digunakan untuk membuat bros saja, namun juga gelang, kalung, anting, cincin dan peniti hias.

1) Round Nose Plier

tang-4

 

Tang Set Isi 5

Rp50,000

Rp 50.000

 

 

Category: .

 

 

Product Description

 

tang-set-isi-5

 

Tang Set isi 5
Harga Rp 50.000
Kalau ditanya alat apa yang paling penting dalam bisnis permanikan? rasanya tak ada jawaban yang lebih tepat selain Tang. Tapi jangan salah lho pren… tang untuk manik-manik ini jenisnya sungguh sangat beragam. Memiliki kelima jenis tang dasar ini akan memungkinkan kita untuk membuat aksesoris yang lebih rapi dan tahapan yang efisien saat membuatnya.

 

1) Round Nose Plier

 

 

 

tang-4

 

Pada dasarnya tang ini berfungsi untuk membuat bulatan untuk menyambungkan paku satu ke lainnya hingga menjadi sebuah rangkaian kalung atau gelang. Ujung dari tang ini memiliki diameter yang lebih kecil, sehingga memungikinkan kita untuk membuat loop (lingkaran pada ujung kawat) dengan lebih rapih. Buat saya ini dalah tang wajib punya. Karena kerapihan hasil akhir aksesoris yang kita buat sangat tergantung pada ujung bulat pada tang ini, selain itu tang ini juga bisa digunakan untuk menjepit.

2) Bent Nose Plier

tang-3

Tang yang ini sebenarnya memiliki bentuk ujung yang sama dengan “long nose plier”. Diameter ujung tang ini kecil , dan ujungnya bengkok, menjadikan tang ini memiliki fungsi ekstra, yaitu untuk membengkokkan kawat di tempat yang sulit (terutama kalau kita lagi bikin proyek bros yang aneh-aneh dengan kawat melingker kesana dan kemari… hehehe) . Saya juga menggunakan tang ini untuk menjepit klep pada sarang bros lux, serta untuk membuka dan menutup jump ring.

3) Cutting Plier

tang-5

Nama lain dari tang ini adalah Tang potong. Seperti namanya, tang ini berfungsi untuk memotong, mulai dari senar hingga kawat sampai dengan ketebalan 1 mm.

Sangat penting untuk menjaga ujung dari bagian pemotong tetap tajam. karena apabila bagian tersebut tumpul, maka akan memnyebabkan kita harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk memotong kawat tsb, dan menyebabkan pekerjaan kita kurang rapi.

4) End Plier

tang-2
Fungsi tang ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan cutting plier. Hanya saja letak didang yang tajam pada tang ini tepat berapa di bagian depan. Fungsi dari tang potong jenis ini sebenarnya dapat digantikan oleh alat potong kuku. Bedanya dengan tang potong pada end cutter plier ini, akan menghasilkan ujung potongan yang tumpul, sehingga cocok digunakan untuk memotong kawat berdiameter lebih dari 0.8mm. POtongan tumpul akan menjadikan kawat lebih aman dan tidak melukai pengguna aksesoris yang kita buat.

5) Flat Nose Plier

tang-1Tang jenis ini memiliki permukaan bagian ujung yang datar. Sehingga memungkinkan tang ini untuk meluruskan kawat yang keriting, untuk lebih amannya terlebih dahulu lapisi bagian ujung kawat dengan lakban tebal, sehingga menghasilkan permukaan yang halus. Biasanya kalau kawat untuk bikin bros kepanjangan, suka jadi ketekuk dan keriting… nah dengan dijepit di kawat yang sudah diberi lakban ini, permukaan yang keriting dapat dibuat menjadi lebih halus dan lurus. Tang ini juga bisa digunakan untuk menggantikan fungsi tangan kiri menjepit benda, sementara tangan kanan menggunakan tang jenis lainnya.

Mengapa penting untuk menggunakan Tang yang tepat pada masing-masing pekerjaan yang berbeda?
1) Untuk hasil yang lebih maksimal.
Penggunaan tang yang tepat akan meningkatkan nilai kerapihan pada hasil karya kita.
2) Untuk Keamanan
Biasakan untuk menggunakan tang yang tepat dalam setiap pekerjaan kita pren, karena ini untuk keamanan kita juga. terutama untuk menghindari potongan kawat yang kecil melompat ke tempat yang tidak diinginkan (misal mata) dan akanmelukai kita.
3) Biar keliatan profesional..
hehehe… keren kan pren kalau punya tang banyak, langsung keliatan profesional banget gitu lhoo… hihihihihi
4) Untuk kecantikan
Kalau merangkai manik-manik adalah profesi utama kita, maka yang namanya tangan kapalan adalah hal yang sulit dihindarkan. Salah satu tindakan pencegahan terhadap penyakit ini adalah selalu menggunakan tang yang tepat, dan rajin mengganti tang yang sudah tumpul dnegan tang baru (karena kalau tang potong kita tumpul, motong kawat jadi butuh tenaga ekstra… nah inilah pemicu utama timbul kapalan… hehehe)

Oh iya sekedar tips aja pren, setelah nyoba berbagai jenis tang… paling enak tang dengan ^^per^^ kawat di tengahnya. Per kawat ini menyebabkan kawat selalu terdorong ke posisi terbuka. Lebih ringkes dan awet juga.. karena kalau di tengahnya menggunakan dua besi yang saling melintang itu (seperti di cutting plier) besinya suka keluar dari tempatnya jadinya lebih cepet rusak deh ^_^

Kalau susah nyari tang kaya gini, bisa menghubungi koleksikikie saja my pren.. satu set tang ini dijual dengan harga Rp 50.000 ^_^ dan langsung deh… kita jadi keliatan profesional dan canggih banget karena punya berbagai jenis tang… hihihihi (kie)

2 thoughts on “Mengenal Tang untuk Merangkai Manik-manik

  1. Pingback: Penduan Memilih Peralatan Dasar Manik-Manik ( I ) « blogkoleksikikie

  2. Pingback: Review Buku : Membuat Sendiri Aksesori Wirework | blogkoleksikikie

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s